ILMUTKR - Transmisi merupakan bagian yang berfungsi sebagai media pemindah tenaga pada kendaraan. Transmisi juga memiliki dua jenis yaitu, Transmisi manual dan otomatis. 

Transmisi yang kita bahas kali ini adalah transmisi manual yang memiliki gear yang simple dibandingkan transmisi otomatis. Kalau transmisi otomatis gearnya berbentuk lempengan dan kalau transmisi manual berebentuk gear bulat besar (seperti gear pada biasanya).

Transmisi manual ini memiliki keunggulan yaitu, harga yang tidak mahal dan penjualan yang mahal tidak cepat jatuh, Akselerasinya yang bagus sekali jalan jauh, Kecepatan yang dihasilkan sangat tinggi, Sangat hemat bahan bakar, Membutuhkan perawatan yang minim.

Nah, di atas adalah kelebihanya dan pastinya di setiap kelebihan ada kekurangan, apa saja kekurangannya? Sedikit melelahkan karena harus menggunakan kopling agar dapat mengatur kecepatan.

Sudah tau kekurangan dan kelebihanya selanjutnya kita akan membahas fungsi dari bagian bagian nya, biasa di sebut gearbox.



1. Input Shaft
Komponen ini sebagai poros yang bekerja sama dengan kopling untuk memutar gigi di dalam gearbox.

2. Synchcroniser
Ia berfungsi untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang berkerja.

3. Shift Fork
Komponen ini berfungsi memindahkan gigi pada porosnya, sehingga gigi akan mudah untuk dipasang atau dipindahkan.

4. Shift Lingkage
Merupakan batang atau tuas yang menghubungkan antara tuas persneling dengan shift fork.

5. Gear Shift Lever
Tuas untuk memungkinkan Geser dapat memindahkan gigi bedasarkan kondisi mengemudi.

6. Transmission Case
Berfungsi sebagai dudukan bantalan transmisi dan poros-poros. Selain itu, bak transmisi juga untuk wadah penyimpanan oli transmisi.

7. Poros Output
Komponen berupa poros yang dapat mentransferkan torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir, juga dudukan persneling.

8. Bantalan
Berfungsi untuk mengurangi tekanan yang terjadi antara sistem transmisi.

9. Counter Gear
digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

10. Reverse Gear
Inci arah dari putaran poros poros Status mobil dapat berjalan mundur.

11. Hub Slave
Penguncian gigi percepatanNamun output poros bisa berputar dan berhenti.

12. Speedometer Gear
Sebagai penggerak kabel untuk mengukur kecepatan mobil yang dikendarai.

Itulah beberapa komponen yang berada pada transmisi manual.

Fungsi Komponen Pada Transmisi Manual Kendaraan Lengkap


ILMUTKR - Transmisi merupakan bagian yang berfungsi sebagai media pemindah tenaga pada kendaraan. Transmisi juga memiliki dua jenis yaitu, Transmisi manual dan otomatis. 

Transmisi yang kita bahas kali ini adalah transmisi manual yang memiliki gear yang simple dibandingkan transmisi otomatis. Kalau transmisi otomatis gearnya berbentuk lempengan dan kalau transmisi manual berebentuk gear bulat besar (seperti gear pada biasanya).

Transmisi manual ini memiliki keunggulan yaitu, harga yang tidak mahal dan penjualan yang mahal tidak cepat jatuh, Akselerasinya yang bagus sekali jalan jauh, Kecepatan yang dihasilkan sangat tinggi, Sangat hemat bahan bakar, Membutuhkan perawatan yang minim.

Nah, di atas adalah kelebihanya dan pastinya di setiap kelebihan ada kekurangan, apa saja kekurangannya? Sedikit melelahkan karena harus menggunakan kopling agar dapat mengatur kecepatan.

Sudah tau kekurangan dan kelebihanya selanjutnya kita akan membahas fungsi dari bagian bagian nya, biasa di sebut gearbox.



1. Input Shaft
Komponen ini sebagai poros yang bekerja sama dengan kopling untuk memutar gigi di dalam gearbox.

2. Synchcroniser
Ia berfungsi untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang berkerja.

3. Shift Fork
Komponen ini berfungsi memindahkan gigi pada porosnya, sehingga gigi akan mudah untuk dipasang atau dipindahkan.

4. Shift Lingkage
Merupakan batang atau tuas yang menghubungkan antara tuas persneling dengan shift fork.

5. Gear Shift Lever
Tuas untuk memungkinkan Geser dapat memindahkan gigi bedasarkan kondisi mengemudi.

6. Transmission Case
Berfungsi sebagai dudukan bantalan transmisi dan poros-poros. Selain itu, bak transmisi juga untuk wadah penyimpanan oli transmisi.

7. Poros Output
Komponen berupa poros yang dapat mentransferkan torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir, juga dudukan persneling.

8. Bantalan
Berfungsi untuk mengurangi tekanan yang terjadi antara sistem transmisi.

9. Counter Gear
digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

10. Reverse Gear
Inci arah dari putaran poros poros Status mobil dapat berjalan mundur.

11. Hub Slave
Penguncian gigi percepatanNamun output poros bisa berputar dan berhenti.

12. Speedometer Gear
Sebagai penggerak kabel untuk mengukur kecepatan mobil yang dikendarai.

Itulah beberapa komponen yang berada pada transmisi manual.

No comments