ILMUTKR - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengOverHoul poros propeler atau biasa di sebut poros pemindah tenaga.

Poros propeler berfungsi sebagai penerus putaran dari trasmisi ke gear box gardan belakang. Adapun komponen komponen dari propeler adalah sebagai berikut.


1. Garpu Penghubung : Bentuk garpu dan berlubang sebagai dudukan/tumpuan penghubung salib.

2. Poros : Bentuk pipa dengan maksud mengurangi berat tetapi tidak mengurangi kekuatannya.

3. Penghubung Luncur : Bentuk pejal dan pipa yang terhubung melalui alur-
alur dan dapat bergeser sepanjang alur tersebut.

4. Timbangan Balance : Bentuk plat yang dilas titik terhadap poros propeller untuk menghindari gaya sentrifugal.

Bahan menggunakan besi baja dengan pembuatan menggunakan ketelitian yang tinggi.

Kontruksi Propeler

Kegunaan sambungan salip ( joint )
Meneruskan putaran dengan sudut yang bervariasi pada batas – batas tertentu.

Kegunaan sambungan geser ( luncur )
Mengatasi akibat gerakan aksel yang berpegang terjadi perubahan jarak aksel dan transmisi.

PEMBOKARAN

Alat Alat

Kotak alat
Palu plastik
Kunci shock
Tang ring pengunci
Dial indikator
Block “V”
Pompa vet

Keselamatan Kerja

1. Hati – hati bekerja di bawah mobil, pemasangan penyangga harus baik.
2. Segera bersihkan tumpahan oli di lantai.
3. Memberi tanda pemasangan dengan penitik.

Melepas Poros

• Buka baut pengikat flens dengan
kunci ring.
• Periksa kebocoran sil poros out
put transmisi dan sil poros pinion
penggerak aksel.
• Gunakan penyumbat oli atau alat
lainnya agar oli transmisi tidak tumpah.
• Bersihkan / cuci poros propeller.


• Memeriksa kelonggaran bantalan sambungan salib.
Maksimum 0,02 mm
• Memeriksa kebebasan aksial sambungan salib.
Maksimum 0,02 mm
• Memeriksa sambungan luncur, bila tidak dapat meluncur dengan baik harus dibersihkan dan tidak boleh ada kebebasan radial.
• Memeriksa kebengkokan poros penggerak.
Maksimum 0,6 mm

Bagian Bagian Sambungan salep 


Melepas cincin – cincin pengunci :

• Jenis cincin pengunci diluar ujung cincin dijepit dengan tang dan tarik keluar.
• Jenis cincin pengunci di dalam didorong dengan hentakan palu pada ujung cincin pengunci hingga lepas.


• Pukul pada bagian garpu penghubung hingga rumah bantalan keluar dari dudukannya.
Hati – hati jangan sampai rusak dudukan rumah bantalan.
Jika rumah bantalan tidak dapat / sulit keluar dengan cara dipikul, rumah bantalan dipres pada ragum ke kiri dan ke kanan hingga mudah terasa dilepas, kemudian dipukul – pukul lagi.

• Perhatikan bantalan jarum jangan sampai jatuh / hilang.
Periksa permukaan gesek bila sudah aus / cacat harus diganti ( satu set ).
1. Penghubung salib
2. Sil
3. Bantalan jarum
4. Rumah bantalan

Baca Juga : Inilah beberapa tanda busi yang mulai mengalami kerusakan


Bengkok (tidak segaris)

• Periksa keretakan dan kebengkokan,perbaiki jika masih dimungkinkan atau ganti baru.


Memasang Sambungan Salip


• Perhatikan tanda pemasangan
• Mengisi vet pada penghubung salib
sampai penuh.
Memasang sil.
• Memasang rumah bantalan, posisi
rumah bantalan, dudukan rumah bantalan dan poros penghubung salib harus lurus kemudian dipres sedikit sambil dicek apakah sambungan salib dapat berputar dengan baik. Bila sedikit sarat beri hentakan pada ujung garpu penghubung.
Perhatikan kedudukan rumah bantalan terhadap dudukannya, harus lurus tidak boleh miring !



• Memasang cincin pengunci dan
pilihlah cincin yang cocok untuk
kebebasan aksial 0,02 mm.


• Bersihkan bagian sambungan luncur dan beri vet baru.
• Memasang sambungan luncur sesuai dengan tanda pemasangan.
• Memeriksa sil poros out put transmisi bila rusak / bocor harus diganti.

• memasang sil poros output transmisi dan sil pinion penggerak aksel, gunakan alat khusus agar sil dapat duduk dengan baik.

Memasang Poros Propeler

• Periksa tanda-tanda pemasangan.
• Pengikat baut dengan kunci momen. ( momen pengencangan lihat buku manual ).
memasang sil poros output transmisi dan sil pinion penggerak aksel, gunakan alat khusus agar sil dapat duduk dengan baik.


• Periksa posisi garpu penghubung sambungan salib satu dengan yang lainnya harus lurus dan segaris ( Jika tidak segaris akan timbul getaran dan bantalan sambungan salib akan cepat rusak ).
• Memberi pelumasan pada sambungan salib dan sambungan luncur dengan pompa vet.

Cara OverHoul Poros Pemindah Tenaga (Poros Propeller) Lengkap Beserta Gambar


ILMUTKR - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengOverHoul poros propeler atau biasa di sebut poros pemindah tenaga.

Poros propeler berfungsi sebagai penerus putaran dari trasmisi ke gear box gardan belakang. Adapun komponen komponen dari propeler adalah sebagai berikut.


1. Garpu Penghubung : Bentuk garpu dan berlubang sebagai dudukan/tumpuan penghubung salib.

2. Poros : Bentuk pipa dengan maksud mengurangi berat tetapi tidak mengurangi kekuatannya.

3. Penghubung Luncur : Bentuk pejal dan pipa yang terhubung melalui alur-
alur dan dapat bergeser sepanjang alur tersebut.

4. Timbangan Balance : Bentuk plat yang dilas titik terhadap poros propeller untuk menghindari gaya sentrifugal.

Bahan menggunakan besi baja dengan pembuatan menggunakan ketelitian yang tinggi.

Kontruksi Propeler

Kegunaan sambungan salip ( joint )
Meneruskan putaran dengan sudut yang bervariasi pada batas – batas tertentu.

Kegunaan sambungan geser ( luncur )
Mengatasi akibat gerakan aksel yang berpegang terjadi perubahan jarak aksel dan transmisi.

PEMBOKARAN

Alat Alat

Kotak alat
Palu plastik
Kunci shock
Tang ring pengunci
Dial indikator
Block “V”
Pompa vet

Keselamatan Kerja

1. Hati – hati bekerja di bawah mobil, pemasangan penyangga harus baik.
2. Segera bersihkan tumpahan oli di lantai.
3. Memberi tanda pemasangan dengan penitik.

Melepas Poros

• Buka baut pengikat flens dengan
kunci ring.
• Periksa kebocoran sil poros out
put transmisi dan sil poros pinion
penggerak aksel.
• Gunakan penyumbat oli atau alat
lainnya agar oli transmisi tidak tumpah.
• Bersihkan / cuci poros propeller.


• Memeriksa kelonggaran bantalan sambungan salib.
Maksimum 0,02 mm
• Memeriksa kebebasan aksial sambungan salib.
Maksimum 0,02 mm
• Memeriksa sambungan luncur, bila tidak dapat meluncur dengan baik harus dibersihkan dan tidak boleh ada kebebasan radial.
• Memeriksa kebengkokan poros penggerak.
Maksimum 0,6 mm

Bagian Bagian Sambungan salep 


Melepas cincin – cincin pengunci :

• Jenis cincin pengunci diluar ujung cincin dijepit dengan tang dan tarik keluar.
• Jenis cincin pengunci di dalam didorong dengan hentakan palu pada ujung cincin pengunci hingga lepas.


• Pukul pada bagian garpu penghubung hingga rumah bantalan keluar dari dudukannya.
Hati – hati jangan sampai rusak dudukan rumah bantalan.
Jika rumah bantalan tidak dapat / sulit keluar dengan cara dipikul, rumah bantalan dipres pada ragum ke kiri dan ke kanan hingga mudah terasa dilepas, kemudian dipukul – pukul lagi.

• Perhatikan bantalan jarum jangan sampai jatuh / hilang.
Periksa permukaan gesek bila sudah aus / cacat harus diganti ( satu set ).
1. Penghubung salib
2. Sil
3. Bantalan jarum
4. Rumah bantalan

Baca Juga : Inilah beberapa tanda busi yang mulai mengalami kerusakan


Bengkok (tidak segaris)

• Periksa keretakan dan kebengkokan,perbaiki jika masih dimungkinkan atau ganti baru.


Memasang Sambungan Salip


• Perhatikan tanda pemasangan
• Mengisi vet pada penghubung salib
sampai penuh.
Memasang sil.
• Memasang rumah bantalan, posisi
rumah bantalan, dudukan rumah bantalan dan poros penghubung salib harus lurus kemudian dipres sedikit sambil dicek apakah sambungan salib dapat berputar dengan baik. Bila sedikit sarat beri hentakan pada ujung garpu penghubung.
Perhatikan kedudukan rumah bantalan terhadap dudukannya, harus lurus tidak boleh miring !



• Memasang cincin pengunci dan
pilihlah cincin yang cocok untuk
kebebasan aksial 0,02 mm.


• Bersihkan bagian sambungan luncur dan beri vet baru.
• Memasang sambungan luncur sesuai dengan tanda pemasangan.
• Memeriksa sil poros out put transmisi bila rusak / bocor harus diganti.

• memasang sil poros output transmisi dan sil pinion penggerak aksel, gunakan alat khusus agar sil dapat duduk dengan baik.

Memasang Poros Propeler

• Periksa tanda-tanda pemasangan.
• Pengikat baut dengan kunci momen. ( momen pengencangan lihat buku manual ).
memasang sil poros output transmisi dan sil pinion penggerak aksel, gunakan alat khusus agar sil dapat duduk dengan baik.


• Periksa posisi garpu penghubung sambungan salib satu dengan yang lainnya harus lurus dan segaris ( Jika tidak segaris akan timbul getaran dan bantalan sambungan salib akan cepat rusak ).
• Memberi pelumasan pada sambungan salib dan sambungan luncur dengan pompa vet.

No comments