ILMUTKR - Selamat pagi sahabat otomotif, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi dari kepala silinder dan blok silinder. Materi silinder ini merupakan materi yang paling sering dibahas oleh guru di mata pelajaran sekolah.
Silinder merupakan salah satu komponen yang paling besar. Komponen komponen motor lainnya sebagaian besar di pasang pada blog silinder. Seperti namanya, pada dasarnya terbuat dari balog logam, tuang, umumnya besi tuang, tetapi ada juga yang terbuat dari almunium.
Kepala Silinder (Silinder Head)
Berfungsi sebagai penutup silinder dan merupakan dinding ruang bakar.
Bentuk ruang bakar ada yang rata, tirus, lengkung atau gabungan bentuk bentuk tersebut. Oleh karena itu pada kepala silinder dilengkapi lubang busi, kepala silinder dibuat dari besi tuang kelabu atau paduan almunium.
Kepala silinder dipasang di atas blok silinder menggunakan baut pengikat. Untuk motor berpendingin udara pada kepala silinder dilengkapi dengan srip srip pendingin yang berguna untuk memperluas bidang pendinginan, sedangkan untuk pendinginan air pada kepala silinder dilengkapi saluran saluran air pendingin. Di atas kepala silinder di lengkapu dengan tutup untuk melindungi komponen komponen yang ada di atas kepala silinder dari kotoran dan mencegah tercecernya minyak pelumas.
Mesin yang mempunyai susunan katub i, pada kepala silinder harus dilengkapi dengan lubang lubang katub, sebab pada model ini kedua katub berada pada kepala silinder.
Untuk susunan katub model T dan L tidak di lengkapi lubang atau dudukan katub karena letak katub berada pada blog silinder. Permukaan kepala silinder (silinder head) yang akan di pasangkan di atas permukaan blog silinder harus benar benar rata sehingga yang akan dipasangkan di atas permukaan blog silinder harus benar benar rata supaya tidak terjadi kebocoran pada saat mesin bekerja. Jika tidak rata maka dapat menurunkan kemampuan mesin.
Baca Juga : Inilah Beberapa Tanda Busi Yang Mulai Mengalami Kerusakan
Blog Silinder
Merupakan bagian utama motor dengan lubang silinder yang berdinding halus tempat torak bergerak bolak balik. Selain itu, blog silinder merupakan dudukan komponen komponen lain, misalnya distributor, kompa bahan bakar, motor stater, dan alternator.
Blog silinder dilengkapi dengan mantel mantel air apabila mesin tersebut menggunakan pendingin. Jika susunan katub digunakan dari jenis T dan L maka harus dilengkapi dengan dudukan katub.
Bentuk dan kontruksi blog silinder tergantung dari beberapa faktor : Jumlah silinder, susunan silinder, susunan katub, cara pendinginan dan mekanisme katub. Blog silinder dibuat dari bahan yang biasanya sama dengan bahan kepala silinder. Untuk motor besar lubang silinder biasanya menggunakan tabung silinder yang di pasangkan blog silinder. Apabila terjadi keausan berlebihan karena gesekan torak dapat diganti dengan yang baru untuk penghematan.
Tabung silinder, dapat dibedakan menjadi 2 macam : tabung basah dan tabung kering. Tabung basah maksud nya tabung silinder itu langsung berhubungan dengan air, sedangkan jenis tabung kering tidak.
Panci minyak digunakan untuk menutup blog silinder di bagian bawah, untuk menampung minyak pelumas dan mendinginkan minyak pelumas. Karna panci minyak ini letaknya dibawah maka ada kemungkinan terjadi benturan pada jalan yang tidak rata atau batu yang terlempar oleh ban roda. Oleh karena itu, harus di buat dari bahan yang kuat dan ulet.
Biasanya dari plat baja yang ditempa (pres). Di bagian dalam panci minyak dilengkapi dengan sparator ( plat pembatas ) yang berfungsi sebagai pencegah goncangan minyak pelumas apabila kondisi jalan tidak rata sehingga sistem plumasan tidak terganggu.
No comments