Ban bias dan ban radial

ILMUTKR - Ban merupakan bagian terpenting pada kendaraan, karna ban merupakan bagian dimana dia yang menyentuh pada tanah.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dua tipe ban mobil berdasarkan strukturnya yaitu ban bias dan radial. Ban bias merupakan ban yang dibuat dengan susunan dua atau lebih benang yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk 40° hingga 65° terhadap garis tengah ban. Ban radial merupakan sejenis desain ban otomotif. Ban radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban.

Inilah perbedaan antara ban bias dan ban radial sebagai berikut.

PERBEDAAN

Ban Radial


Gambar 0.1 ban radial

1. Terdiri dari single bead
2. Terdiri dari singleply, sehingga sidewall lebih flexible
3. Tread dan sidewall tidak berhubungan (900)
4. Dilengkapi lapisan belt steel

Ban Radial

Gambar 0.2 ban bias

1. Terdiri dari sejumlah bead
2. Terdiri dari sejumlah nylon plies
3. Tread dan sidewall saling berhubungan (450)
4. Dilengkapi breaker untuk melindungi carcass.

Penjelasan ban radial dan bias berdasarkan strukturnya sebagai berikut.

Ban Radial 

Pada penjelasan ban radial di atas, tread tidak terpengaruh pelengkupan yang terjadi di sidewall sehingga,

a. Deformasi yang terjadi lebih kecil pada saat permukaan ban kontak dengan permukaan jalan,
b. Friksi yang lebih kecil dengan permukaan, seperti diilustrasikan berikut ini,

Gambar 0.3
1. Tampak depan ban radial saat kontak dengan permukaan jalan, dimana beban disalurkan ke bagian sidewall yang bersifat fleksibel.
2. Jejak ban radial saat kontak dengan
permukaan jalan.

Pada keterangan di atas dapat dilihat sidewall bersifat fleksibel, sehingga bagian tread tidak bekerja keras, dan kontak terjadi antara seluruh bagian tread dan permukaan jalan.

berdasarkan hal tersebut, ban radial dapat memberikan keuntungan sebagai berikut,

a. Tercapainya umur ban yang lebih tinggi.
b. Terjadi penurunan gesekan antara ban dengan jalan, sehingga tingkat slip berkurang.
c. Tingkat kenaikan panas dapat berkurang.

Ban Bias

Dengan struktur ban bias seperti dijelaskan di atas, maka untuk meningkatkan luas bidang sentuh antara ban dan permukaan, akan menimbulkan terjadinya deformasi yang besar dari ban, sehingga :

a. Terjadi perubahan bidang sentuh yang besar
b. Diperlukan usaha yang keras dari setiap bagian ban, karena strukturnya yang

kaku, seperti di Ilustrasikan sebagai berikut.

Gambar 0.4
1. Tampak depan ban bias saat kontak dengan permukaan jalan, dimana bagian sidewall bersifat kaku, sehingga beban terbesar dialami oleh tread ban.
2. Jejak ban bias saat kontak dengan permukaan jalan.

Pada penjelasan di atas dapat dilihat sidewall cenderung kaku, sehingga bagian tread bekerja lebih keras, dan kontak terjadi antara bagian crown dan permukaan jalan.
Berdasarkan hal tersebut di atas, pada penggunaan ban bias dapat menyebabkan,

1. Terjadinya keausan yang lebih cepat, karena gesekan yang terjadi dengan
bidang sentuh yang lebih besar.
2. Terjadinya kelebihan panas pada ban (overheat).

Baca Juga : Pengertian dan Penjelasan Tentang Sasis Kendaraan

Inilah Dua Tipe Ban Mobil Berdasarkan Strukturnya | Ban Bias dan Ban Radial

Ban bias dan ban radial

ILMUTKR - Ban merupakan bagian terpenting pada kendaraan, karna ban merupakan bagian dimana dia yang menyentuh pada tanah.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dua tipe ban mobil berdasarkan strukturnya yaitu ban bias dan radial. Ban bias merupakan ban yang dibuat dengan susunan dua atau lebih benang yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk 40° hingga 65° terhadap garis tengah ban. Ban radial merupakan sejenis desain ban otomotif. Ban radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban.

Inilah perbedaan antara ban bias dan ban radial sebagai berikut.

PERBEDAAN

Ban Radial


Gambar 0.1 ban radial

1. Terdiri dari single bead
2. Terdiri dari singleply, sehingga sidewall lebih flexible
3. Tread dan sidewall tidak berhubungan (900)
4. Dilengkapi lapisan belt steel

Ban Radial

Gambar 0.2 ban bias

1. Terdiri dari sejumlah bead
2. Terdiri dari sejumlah nylon plies
3. Tread dan sidewall saling berhubungan (450)
4. Dilengkapi breaker untuk melindungi carcass.

Penjelasan ban radial dan bias berdasarkan strukturnya sebagai berikut.

Ban Radial 

Pada penjelasan ban radial di atas, tread tidak terpengaruh pelengkupan yang terjadi di sidewall sehingga,

a. Deformasi yang terjadi lebih kecil pada saat permukaan ban kontak dengan permukaan jalan,
b. Friksi yang lebih kecil dengan permukaan, seperti diilustrasikan berikut ini,

Gambar 0.3
1. Tampak depan ban radial saat kontak dengan permukaan jalan, dimana beban disalurkan ke bagian sidewall yang bersifat fleksibel.
2. Jejak ban radial saat kontak dengan
permukaan jalan.

Pada keterangan di atas dapat dilihat sidewall bersifat fleksibel, sehingga bagian tread tidak bekerja keras, dan kontak terjadi antara seluruh bagian tread dan permukaan jalan.

berdasarkan hal tersebut, ban radial dapat memberikan keuntungan sebagai berikut,

a. Tercapainya umur ban yang lebih tinggi.
b. Terjadi penurunan gesekan antara ban dengan jalan, sehingga tingkat slip berkurang.
c. Tingkat kenaikan panas dapat berkurang.

Ban Bias

Dengan struktur ban bias seperti dijelaskan di atas, maka untuk meningkatkan luas bidang sentuh antara ban dan permukaan, akan menimbulkan terjadinya deformasi yang besar dari ban, sehingga :

a. Terjadi perubahan bidang sentuh yang besar
b. Diperlukan usaha yang keras dari setiap bagian ban, karena strukturnya yang

kaku, seperti di Ilustrasikan sebagai berikut.

Gambar 0.4
1. Tampak depan ban bias saat kontak dengan permukaan jalan, dimana bagian sidewall bersifat kaku, sehingga beban terbesar dialami oleh tread ban.
2. Jejak ban bias saat kontak dengan permukaan jalan.

Pada penjelasan di atas dapat dilihat sidewall cenderung kaku, sehingga bagian tread bekerja lebih keras, dan kontak terjadi antara bagian crown dan permukaan jalan.
Berdasarkan hal tersebut di atas, pada penggunaan ban bias dapat menyebabkan,

1. Terjadinya keausan yang lebih cepat, karena gesekan yang terjadi dengan
bidang sentuh yang lebih besar.
2. Terjadinya kelebihan panas pada ban (overheat).

Baca Juga : Pengertian dan Penjelasan Tentang Sasis Kendaraan

No comments