ILMUTKR - Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang.

Macam Macam Mekanisme Katub 

Mekanisme Katup dengan Poros Kam Di Bawah

1. Katup di Samping
( Side Valve atau SV )

Konstruksi SV memiliki ciri katup berdiri dan di samping blok motor serta poros kam terletak di bawah. Keuntungannya konstruksi mesin 
sederhana, mesin pendek tidak memakan tempat, suara tidak berisik, namun bentuk ruang bakar kurang menguntungkan bagi proses pembakaran yang ideal dan Penyetelan celah katup sulit.

2. Katup di Kepala Silinder 
(Over Head Valve atau OHV)



Katupnya menggantung di kepala silinder, poros kam terletak di bawah. Keuntungannya bentuk ruang bakar yang baik, namun kerugiannya adalah banyak komponen/bagian-bagian yang bergerak berarti kelembaman massa besar sehingga tidak ideal untuk mesin putaran tinggi.

Mekanisme Katup Dengan Poros Kam Di Atas

1. Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)



Pada konstruksi SOHC atau OHC saja, poros kam berada di kepala silinder dan langsung menggerakkan tuas katup (A) atau tuas ayun 
katup (B). Keuntungannya sedikit komponen/ bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi.
Kerugiannya adalah konstruksi motor menjadi tinggi karena ada mekanisme tuas ayun.

2. Poros Kam Di Kepala (Double Over Head Camsaft atau DOHC)



Konstruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder, kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk. Keuntungannya bentuk ruang bakar 
baik dn susunan katup-katup bentuk V menguntungkan bagi performance atau unjuk kerja mesin. Kelembaman massa paling kecil,sehingga baik untuk putaran tinggi. Kerugiannya 
konsrtuksi mesin mahal, mesin lebih berat dan penyetelan celah katup lebih sulit.

Bagian Bagian Mekanisme Katub Standar


ILMUTKR - Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang.

Macam Macam Mekanisme Katub 

Mekanisme Katup dengan Poros Kam Di Bawah

1. Katup di Samping
( Side Valve atau SV )

Konstruksi SV memiliki ciri katup berdiri dan di samping blok motor serta poros kam terletak di bawah. Keuntungannya konstruksi mesin 
sederhana, mesin pendek tidak memakan tempat, suara tidak berisik, namun bentuk ruang bakar kurang menguntungkan bagi proses pembakaran yang ideal dan Penyetelan celah katup sulit.

2. Katup di Kepala Silinder 
(Over Head Valve atau OHV)



Katupnya menggantung di kepala silinder, poros kam terletak di bawah. Keuntungannya bentuk ruang bakar yang baik, namun kerugiannya adalah banyak komponen/bagian-bagian yang bergerak berarti kelembaman massa besar sehingga tidak ideal untuk mesin putaran tinggi.

Mekanisme Katup Dengan Poros Kam Di Atas

1. Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)



Pada konstruksi SOHC atau OHC saja, poros kam berada di kepala silinder dan langsung menggerakkan tuas katup (A) atau tuas ayun 
katup (B). Keuntungannya sedikit komponen/ bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi.
Kerugiannya adalah konstruksi motor menjadi tinggi karena ada mekanisme tuas ayun.

2. Poros Kam Di Kepala (Double Over Head Camsaft atau DOHC)



Konstruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder, kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk. Keuntungannya bentuk ruang bakar 
baik dn susunan katup-katup bentuk V menguntungkan bagi performance atau unjuk kerja mesin. Kelembaman massa paling kecil,sehingga baik untuk putaran tinggi. Kerugiannya 
konsrtuksi mesin mahal, mesin lebih berat dan penyetelan celah katup lebih sulit.

No comments