ILMUTKR - Selamat malam sahabat otomotif, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi oli. Oli merupakan cairan yang berfungsi sebagai pelumas pada kendaraan, agar kendaraan tetap normal saat bekerja.

Oli juga berperan sangat penting pada sistem di mesin untuk menghindari dari karat dan juga korosi. Dikarnakan oli ini melumasi setiap bagian yang ia lalui secara merata. Dikarnakan suhu di bumi ini berbeda beda, maka dibuat lah oli sesuai kekentalan. Setiap kekentalan memiliki keunggulan tersendri, contohnya di daerah dengan suhu dingin dapat dipastikan oli membeku, namun bila kekentalanya di tambah maka oli itu dapat tahan dari suhu dingin dan sebaliknya.

Kalau di indonesia suhu udaranya ya gak terlalu dingin dan bisa di bilang sedang, karna indonesia termasuk daerah tropis. Jadi kekentalannya bisa di bilang tidak terlalu kental dan tidal pula terlalu cair, standar oli itu di tentukan oleh SAE, JASO dan API. Apa kalian tau apa itu SAE, JASO dan API?

SAE
SAE merupakan  singkatan dari (Society Of Automotive Engineers). SAE adalah persatuan ahli otomotif dunia yang bertugas menetapkan standar visikositas atau kekentalan pada suhu 100° Celcius dan pada -18° Celcius.

Jenis SAE yang sering digunakan di daerah tropis seperti di indonesia adalah 10W-30 dan 20W-50 .

PENJELASAN

• Angka di depan (10 dan 20) merupakan tingkatan viskositas atau kekentalan saat mesin bekerja di suhu dingin.
W (winter) menunjukan jenis oli ini dapat di gunakan di daerah yang memiliki iklim dingin.
• Angka di belakang merupakan tingkat viskositas saat mesin bekerja pada suhu panas.

Oli di atas merupakan oli multi grade karna memiliki 2 angka sedangkan ada juga yang single grade yaitu memiliki 1 angka (20w, 10W).

JASO
JASO merupakan singkatan dari japan Automobile Standard Organization. JASO adalah suatu badan organisasi yang bertugas mengeluarkan standar Granding atau level yang didasarkan terhadap kandungan phospor dalam oli. standar ini dibuat oleh Jepang untuk memenuhi tuntutan teknologi di sepeda motor yang di dalamnya terdapat kopling.

Ada 2 Tipe JASO yaitu :

JASO MA (gesekan tinggi)
Oli yang khusus digunakan pada mesin yang menggunakan gesekan besar seperti kopling basah, ada di type cub dan sport.
JASO MB (gesekan rendah)
Khusus untuk mesin dengan gesekan lebih kecil. Seperti kopling kering matic.

API
API merupakan singkatan dari American Petroleum Institute.
API adalah suatu institusi di amerika yang bertugas menetapkan granding atau level oli menurut Service Classification untuk mesin bensin. Standar grading di dasarkan kepada proteksi oksidasi, proteksi keausan, high temperature engine deposit, foaming, pembentukan asam, pembentukan kerak, perlindungan korosi yang berujung kepada konsumsi bahan bakar yang efisien, performa mesin dan emisi yang rendah. Semakin tinggi API semakin bagus pula olinya.

Baca Juga : Cara Mengganti Oli

Apa Sih SAE, JASO, dan API? Penjelasan Lengkap


ILMUTKR - Selamat malam sahabat otomotif, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi oli. Oli merupakan cairan yang berfungsi sebagai pelumas pada kendaraan, agar kendaraan tetap normal saat bekerja.

Oli juga berperan sangat penting pada sistem di mesin untuk menghindari dari karat dan juga korosi. Dikarnakan oli ini melumasi setiap bagian yang ia lalui secara merata. Dikarnakan suhu di bumi ini berbeda beda, maka dibuat lah oli sesuai kekentalan. Setiap kekentalan memiliki keunggulan tersendri, contohnya di daerah dengan suhu dingin dapat dipastikan oli membeku, namun bila kekentalanya di tambah maka oli itu dapat tahan dari suhu dingin dan sebaliknya.

Kalau di indonesia suhu udaranya ya gak terlalu dingin dan bisa di bilang sedang, karna indonesia termasuk daerah tropis. Jadi kekentalannya bisa di bilang tidak terlalu kental dan tidal pula terlalu cair, standar oli itu di tentukan oleh SAE, JASO dan API. Apa kalian tau apa itu SAE, JASO dan API?

SAE
SAE merupakan  singkatan dari (Society Of Automotive Engineers). SAE adalah persatuan ahli otomotif dunia yang bertugas menetapkan standar visikositas atau kekentalan pada suhu 100° Celcius dan pada -18° Celcius.

Jenis SAE yang sering digunakan di daerah tropis seperti di indonesia adalah 10W-30 dan 20W-50 .

PENJELASAN

• Angka di depan (10 dan 20) merupakan tingkatan viskositas atau kekentalan saat mesin bekerja di suhu dingin.
W (winter) menunjukan jenis oli ini dapat di gunakan di daerah yang memiliki iklim dingin.
• Angka di belakang merupakan tingkat viskositas saat mesin bekerja pada suhu panas.

Oli di atas merupakan oli multi grade karna memiliki 2 angka sedangkan ada juga yang single grade yaitu memiliki 1 angka (20w, 10W).

JASO
JASO merupakan singkatan dari japan Automobile Standard Organization. JASO adalah suatu badan organisasi yang bertugas mengeluarkan standar Granding atau level yang didasarkan terhadap kandungan phospor dalam oli. standar ini dibuat oleh Jepang untuk memenuhi tuntutan teknologi di sepeda motor yang di dalamnya terdapat kopling.

Ada 2 Tipe JASO yaitu :

JASO MA (gesekan tinggi)
Oli yang khusus digunakan pada mesin yang menggunakan gesekan besar seperti kopling basah, ada di type cub dan sport.
JASO MB (gesekan rendah)
Khusus untuk mesin dengan gesekan lebih kecil. Seperti kopling kering matic.

API
API merupakan singkatan dari American Petroleum Institute.
API adalah suatu institusi di amerika yang bertugas menetapkan granding atau level oli menurut Service Classification untuk mesin bensin. Standar grading di dasarkan kepada proteksi oksidasi, proteksi keausan, high temperature engine deposit, foaming, pembentukan asam, pembentukan kerak, perlindungan korosi yang berujung kepada konsumsi bahan bakar yang efisien, performa mesin dan emisi yang rendah. Semakin tinggi API semakin bagus pula olinya.

Baca Juga : Cara Mengganti Oli

No comments